OutSystems: Platform Low-Code yang Dapat Membantu Membangun Aplikasi Berbasis Cloud dengan Mudah

  • 0 Comments
  • 36407 Views

OutSystems adalah platform pengembangan aplikasi berbasis cloud yang memungkinkan para developer untuk membangun, menerapkan, serta mengelola aplikasi dengan mudah dan cepat. Mereka dirancang untuk membantu organisasi dalam memenuhi kebutuhan bisnis dengan memungkinkan para developer untuk membuat aplikasi dengan cepat dan efisien menggunakan pendekatan drag-and-drop yang sederhana, serta menyediakan fitur-fitur seperti integrasi data, manajemen proses bisnis, keamanan, dan layanan awan.

OutSystems dikembangkan oleh sebuah perusahaan OutSystems Inc. yang berbasis di Amerika Serikat dan Portugal. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2001 oleh Paulo Rosado dan sekelompok pengembang perangkat lunak lainnya. OutSystems saat ini dipimpin oleh Paulo Rosado sebagai CEO.

Perusahaan mereka berfokus pada pengembangan platform pengembangan aplikasi berbasis cloud yang sangat populer. OutSystems telah berhasil mengumpulkan dana investasi lebih dari $400 juta dan menjadi salah satu dari sedikit “unicorn” teknologi Portugal, yang menghasilkan nilai pasar lebih dari $1 miliar. Luar biasa sekali, ya?

OutSystems telah digunakan oleh banyak perusahaan terkemuka di dunia, seperti Toyota, Deloitte, Ricoh, dan masih banyak lagi. Hal ini menunjukkan betapa populer dan handalnya mereka dalam membantu organisasi memenuhi kebutuhan bisnis. OutSystems terus berinovasi dan mengembangkan platformnya untuk memenuhi kebutuhan pengembangan aplikasi yang semakin kompleks dan menantang di masa depan.

Image by storyset on Freepik (https://www.freepik.com/free-vector/operating-system-concept-illustration_7504556.htm#page=2&query=outsystems&position=31&from_view=search&track=ais”)

Ingin mengenal Outsystems lebih dekat? Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh OutSystems.

  • Mendukung pembangunan aplikasi dengan pendekatan drag-and-drop, visual, dan bahasa pemrograman model-driven untuk membuat pengembangan aplikasi menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Platform berbasis cloud, yang memungkinkan developer untuk bekerja dari mana saja dengan koneksi internet. Ini juga memudahkan kolaborasi antara tim developer yang berbeda.
  • Multi-Platform. OutSystems mendukung pengembangan aplikasi untuk berbagai platform, seperti web, seluler, desktop, dan perangkat IoT.
  • OutSystems menyediakan integrasi mudah dengan sistem dan aplikasi yang sudah ada, sehingga memungkinkan developer untuk memanfaatkan infrastruktur dan sistem yang sudah ada dalam organisasi.
  • Menyediakan fitur keamanan yang canggih, seperti otorisasi akses, enkripsi, dan pengawasan aktivitas pengguna, sehingga memastikan keamanan data dan informasi.
  • OutSystems mudah ditingkatkan untuk memenuhi permintaan yang lebih besar dan lebih kompleks, sehingga memungkinkan organisasi untuk mengembangkan aplikasi dengan cepat dan skalabilitas yang tinggi.
  • Memiliki layanan dukungan yang sangat baik dan aktif, yang memastikan developer mendapatkan bantuan dan dukungan yang dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi.
  • OutSystems memiliki biaya pengembangan dan operasional yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pengembangan aplikasi konvensional, sehingga memungkinkan organisasi untuk mengembangkan aplikasi dengan biaya yang lebih rendah.

Dengan banyaknya manfaat dan fitur yang disediakan oleh OutSystems, tidak mengherankan jika platform ini banyak disukai oleh para developer dan perusahaan di seluruh dunia. OutSystems membantu developer untuk mengembangkan aplikasi dengan cepat, mudah, dan efisien, selain itu juga memberikan kemudahan pengelolaan dan keamanan yang canggih. Dari beberapa kelebihan yang disebutkan di atas, Outsystems juga memiliki kekurangan sebagai berikut.

  • Terbatasnya kontrol pengembangan dan kurangnya fleksibilitas pada beberapa aspek pengembangan aplikasi.
  • Terdapat batasan pada integrasi dengan sistem atau aplikasi yang tidak didukung.
  • Membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk mengakses platform.
  • Kurangnya keterampilan dalam pemrograman model-driven dapat menghambat pengembangan aplikasi.
  • Memiliki batasan pada pengembangan aplikasi khusus dan sangat kompleks.
  • Mengharuskan developer untuk mempelajari bahasa pemrograman model-driven yang khusus, yang mungkin memerlukan waktu dan usaha yang lebih banyak.

Penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan OutSystems sebelum memutuskan apakah ini adalah platform pengembangan aplikasi yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda sudah membaca artikel sebelumnya, disebutkan bahwa Outsystem bukanlah platform low-code satu-satunya. Maka dari itu, berikut akan kami sampaikan beberapa kelebihan OutSystems dibandingkan dengan platform low-code yang lain.

1. Kemampuan pengembangan aplikasi yang lebih luas

OutSystems mendukung pengembangan aplikasi web, seluler, desktop, dan perangkat IoT. Hal ini memungkinkan para developer untuk membuat aplikasi yang dapat berjalan di berbagai platform, sedangkan beberapa platform low-code lainnya hanya mendukung satu atau dua jenis platform saja.

2. Kemampuan integrasi yang lebih kuat

OutSystems memiliki kemampuan integrasi yang lebih kuat dengan sistem dan aplikasi yang sudah ada dalam organisasi. Hal ini memudahkan developer untuk mengintegrasikan aplikasi yang dibangun dengan OutSystems dengan aplikasi lain yang digunakan di perusahaan.

3. Dukungan layanan yang lebih baik

OutSystems memiliki layanan dukungan yang sangat baik dan aktif, yang memungkinkan para developer dan perusahaan untuk mendapatkan bantuan dan dukungan teknis dengan cepat dan mudah.

4. Keamanan yang lebih canggih

OutSystems memiliki fitur keamanan yang canggih, termasuk otorisasi akses, enkripsi, dan pengawasan aktivitas pengguna.

5. Kode yang dapat di-generate

OutSystems memiliki kemampuan untuk menghasilkan kode yang dapat diakses dan dimodifikasi oleh developer, sehingga memudahkan mereka untuk memodifikasi kode atau menyesuaikan aplikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis.

6. Kemampuan pengujian otomatis

OutSystems memiliki kemampuan untuk menguji aplikasi secara otomatis, sehingga memudahkan developer untuk memastikan kualitas dan stabilitas aplikasi.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan bisnis dan teknologi yang semakin kompleks, OutSystems menyediakan fitur dan dukungan yang lebih lengkap dan canggih. Oleh karena itu, OutSystems lebih unggul dibandingkan dengan beberapa platform low-code lainnya dalam hal kemampuan integrasi, dukungan layanan, dan kemampuan pengembangan aplikasi yang lebih luas.

administrator

Leave A Comment

× Hi, Ada yang Bisa Kami Bantu?