ChatGPT: Solusi Inovatif untuk Mengoptimalkan Kinerja Anda

  • 0 Comments
  • 17388 Views

Sebelum mencari tahu tentang ChatGPT tentu Anda perlu mengetahui tentang apa itu AI Tools. Mudahnya, AI Tools adalah adalah peralatan berbasis Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) yang dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sementara itu pada tahun 2015, Elon Musk dan Sam Altman mendirikan OpenAI yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak untuk mengembangkan kecerdasan buatan tersebut.

Photo by Zac Wolff on Unsplash

Beberapa produk yang dihasilkan oleh OpenAI selain ChatGPT adalah Dall-E 2, GPT-3, API, dan masih banyak lagi. Untuk kali ini, kita akan fokus dalam membahas ChatGPT.

Jadi sebenarnya, apa itu ChatGPT? ChatGPT adalah singkatan dari Chat Generative Pre-trained Transformer yang merupakan sebuah program chatbot yang bisa menjawab pertanyaan dan memprediksi kemungkinan kata atau kalimat dalam suatu percakapan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah kelebihan dari ChatGPT :

  1. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi hanya dengan memberikan pertanyaan atau perintah di kolom yang tersedia. Cara untuk menggunakan fitur tersebut juga tidak sulit, Anda hanya perlu menggunakan email untuk login.
  2. Berdasarkan informasi yang terdapat di laman resminya, telah dituliskan bahwa ChatGPT menggunakan data teks yang begitu besar. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. ChatGPT mampu memahami pertanyaan yang mereka terima serta memberikan jawaban yang sesuai.
  3. Tak hanya menjawab pertanyaan, ChatGPT juga mampu menjalankan perintah. Anda hanya perlu mengetikkannya pada kolom chat dan mereka akan menjalankan perintah tersebut.
  4. Terakhir, karena pekerjaan Anda sudah dimudahkan, tentu waktu yang Anda keluarkan untuk menyelesaikan tugas ini akan menjadi lebih singkat.
Sumber : https://chat.openai.com/chat

Namun, dari sekian banyaknya kelebihan yang ditawarkan, tentu setiap program juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan.

  1. Jawaban yang diberikan mungkin benar, tetapi Anda perlu lebih teliti lagi, barangkali ada jawaban yang kurang akurat. Selain itu, kalimat yang digunakan juga akan lebih ‘kaku’ dan tidak memiliki emosi layaknya tulisan yang dibuat oleh manusia. Meski sudah dimudahkan, Anda tetap perlu memastikan tentang konten yang akan Anda gunakan, bukan?
  2. Rasanya hal seperti ini sudah menjadi rahasia umum, data pribadi Anda akan disimpan dan digunakan. Namun bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan agar jawaban yang mereka berikan bisa lebih baik lagi. Sebaiknya, Anda lebih berhati-hati dalam memanfaatkannya ya, Sobat Kreasi!

Itulah kelebihan dan kekurangan dari ChatGPT, apakah Anda sudah mulai tertarik untuk menggunakannya? Jika ya, Kreasitech akan memberikan sedikit informasi lagi. ChatGPT bisa diakses secara gratis, tetapi OpenAI juga menawarkan ChatGPT Plus. Memang berbayar, tapi harga yang ditawarkan tidak begitu mahal, yakni US$20/bulan atau sekitar Rp300.000/bulan.

Beberapa kelebihan dari ChatGPT Plus adalah pengguna bisa mendapatkan waktu respon yang lebih cepat dan juga mendapatkan akses prioritas jika ada fitur baru yang diluncurkan. Namun bagi Anda yang tetap ingin menggunakan versi reguler, tidak perlu khawatir. OpenAI akan tetap mengupayakan yang terbaik untuk para pengunanya.

Photo by Jonathan Kemper on Unsplash

Adanya versi reguler yang gratis tidak lantas membuat beberapa orang merasa bersyukur. Masih ada juga oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang membuat ChatGPT palsu, bahkan meminta bayaran dari penggunanya.

Adapun ciri-ciri dari ChatGPT palsu adalah jawaban yang diberikan kurang relevan, developer yang bukan dari OpenAI dan tersedia di aplikasi resmi seperti Play Store. Sementara, untuk saat ini ChatGPT hanya tersedia dalam bentuk web. Maka dari itu, OpenAI tidak bisa menjamin keamanan data dari ChatGPT palsu tersebut.

Jadi, bagaimana Sobat Kreasi? Apakah Anda tertarik untuk memanfaatkan teknologi yang keren ini? Tapi Anda jangan sampai lengah, Anda harus tetap teliti dan pastikan menggunakan versi yang legal saja, ya!

administrator

Leave A Comment

× Hi, Ada yang Bisa Kami Bantu?